RPP PJOK 2013 Senam Ritmik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : 
Mata Pelajaran    : 
Komp. Keahlian   : 
Kelas/Semester    : 
Tahun Pelajaran  : 
Alokasi Waktu     : 

A.  Kompetensi Inti *)
1.  Pengetahuan : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.  Keterampilan : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar *)
1.  KD pada KI pengetahuan : Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
2.  KD pada KI keterampilan : Mempraktikan hasil analisis gerakan rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Indikator KD pada KI pengetahuan : 
-      Menerapkan keterampilan gerak senam Ritmik
-      Menugaskan keterampilan gerak koordinasi senam ritmik
-      Membiasakan keterampilan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
2.  Indikator KD pada KI keterampilan
-      Mempraktikan keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
-      Mendemonstrasikan keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
D. Tujuan Pembelajaran
-      Mengelompokkan peserta didik dalam penerapan senam ritmik
-      Menjelaskan rangkain gerak senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
-      Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik
-       Menerapkan keterampilan gerak rangkaian senam ritmik dengan koordinasi yang baik
E.  Materi Pembelajaran
Pengertian senam ritmik, teknik dasar senam ritmik, manfaat senam ritmik
F.  Model dan Metode
-      Model discovery learning
-      Metode ceramah
-      Metode diskusi
-      Dan metode demonstrasi
-       
G. Kegiatan Pembelajaran
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
-      Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
-      Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
-      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
b.  Kegiatan Inti (50 menit)
Ø  Mengamati
-       Guru mengajak siswa untuk berdiskusi dengan melihat video  senam ritmik  untuk membahas materi tentang senam ritmik
-       Siswa membaca buku materi yang akan disajikan
-       Siswa mendengarkan penjelasan materi rangkaian senam ritmik
-       Siswa melihat rangkaian gerak senam ritmik
Ø  Menanya
-          guru menugaskan siswa untuk menentukan masalah apa utama apa dalam melakakukan  gerak rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik
-          siswa mengidentifikasi masalah masalah melalui contoh yang di demonstrasikan oleh guru mengenai senam ritmik
-          berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi  siswa merumuskan hal apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan rangkaian gerakan senam ritmik.
Ø  Pengumpulan Data
-          Guru meminta siswa untuk mencoba melakukan keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
-          Siswa mencoba mencoba melakukan keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
Ø  Menalar
-          Guru menugaskan siswa untuk melakukan gerakan senam ritmik
-           Siswa melakukan rangkaian gerakan senam ritmik
Ø  Mengomunikasikan  
-          Guru menugaskan siswa untuk menyajikan dan menyimplkan tentang rangkaian senam ritmik dengan koordinasi yang baik
-          Siswa membuat presentasi tentang rangkaian senam ritmik
-          Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi
-          Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru
-          Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan.

c.   Penutup (15 menit)
-      Pendinginan.
-      Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi senam ritmik
-      Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi senam ritmik
-      Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
-      Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
H.  Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media    : lapangan/ruangan kelas dan Video.
2.  Alat       : Proyektor, Laptop dan Layar Proyektor
3.  Bahan   :
4.  Sumber Belajar : Buku paket PJOK,internet, majalah.
I.   Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

a.    Teknik Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis

b.    Teknik Penilaian keterampilan : Tes Praktek





2.    Instrumen Penilaian

-      Instrument penilaian pengetahuan

No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Manakah pernyataan yang paling benar dari pilihan berikut :

a.       Gerakan yang dilakukan dengan iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama
b.      Gerakan yang berorientasi pada aspek rekreasi
c.       Gerakan yang dugunakan untuk latihan
d.      Semua jawaban benar
Kunci Jawaban:  A
Gerakan yang dilakukan dengan iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama


2.
Coba sebutkab teknik dasar dalam olahraga senam Ritmik!
Kunci Jawaban :
Gerak Langkah Kaki
  1. Langkah biasa
    Langkah biasa disebut dengan looppas.
  2. Langkah rapat
    Langkah rapat disebut juga bijtrekpas.
  3. Langkah depan
    Langkah depan disebut juga galoppas. Cara melakukannya sebagai berikut.
  4. Langkah samping
    Langkah samping atau disebut dengan zijpas. Cara melakukannya sebagai berikut.
  5. Lompat ke depan
    Lompat ke depan biasanya disertai ayunan kaki yang lain.
  6. Melompat sambil membuka dan menutup kaki
Gerak Ayun Lengan
1.       Mengayunkan lengan setinggi bahu
2.      Mengayun lengan lurus ke atas
Cara melakukannya sebagai berikut.
3.      Merentangkan tangan
4.      Mendorong tangan ke atas





Skor 4 : Jika jawaban lenkap dan benar
Skor 3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
Skor 2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidaktepat
Skor 1 : Jika jawaban salah
3.
sebutkan yang anda ketahui manfaat gerakan senam ritmik untuk kesehatan !
Kunci jawaban :

Beberapa manfaat senam ritmik bagi tubuh :
a. Membakar timbunan lemak yang ada di dalam tubuh
b. Meningkatkan kerja jantung
c. Melenturkan dan menguatkan otot-otot tubuh
d. Memperbaiki bentuk otot lengan, otot paha, otot perut dan otot dada
e. Mengkoordinasikan posisi otot yang tidak tepat pada posisi semestinya
f. Memberikan keseimbangan bagi organ-organ tubuh
g. Membuat tubuh menjadi lebih bugar
h. Menjaga kesehatan dan stamina tubuh
i. Menyehatkan mental
Skor 4 : Jika jawaban lenkap dan benar
Skor 3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
Skor 2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidaktepat
Skor 1 : Jika jawaban salah

Skor 4 : Jika jawaban lenkap dan benar
Skor 3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
Skor 2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidaktepat
Skor 1 : Jika jawaban salah

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal






-      Instrument penilaian keterampilan


Kompetensi Dasar
Materi Bahasan
Indikator
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
4.6 Mempraktikan hasil analisis gerakan rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik

Teknik dasar senam ritmik.
·         Mempraktikan keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·         Mendemonstrasikan keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·         Siswa dapat mempraktikan  keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·         Mendemonstrasikan keterampilan gerakan senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik

Tes Praktek


Tes Praktek
1


2


No
Nama Peserta Didik
Pemanasan
Inti
Pendinginan
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.













2.













3.















Mengetahui
Kepala Smk Taman Siswa



       
Cirebon, 17 Mei 2017
Guru Mata Pelajaran,





0 Response to "RPP PJOK 2013 Senam Ritmik"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *